14 Oct
Prosedur dan Biaya Balik Nama Rumah

Proses pembelian rumah baru dan rumah bekas memiliki prosedur yang berbeda. Sebab dokumen dan sertifikat rumah masih atas nama pemilik lama. Akan tetapi, masih banyak masyarakat yang malas mengurus legalitas seperti ini. Memang biaya balik nama rumah terbilang mahal, namun hal ini dilakukan untuk menghindari kecurangan yang tidak diinginkan kedepannya.

Cara Mengurus dan Biaya Balik Nama Rumah 

biaya balik nama rumah

Balik nama sertifikat rumah tidak hanya dilakukan untuk jual beli rumah bekas saja, rumah warisan atau rumah hibah sebaiknya juga mengurus pergantian kepemilikan. Syarat dan tata cara mengurus balik nama rumah warisan dan rumah bekas sedikit berbeda. Bagi yang belum paham simak penjelasannya berikut ini.

1. Membuat Surat Keterangan Waris 

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mengurus balik nama rumah warisan, membuat Surat Keterangan Waris (SKW). Surat keterangan tersebut dapat dibuat di kelurahan setempat. Datangi RT atau RW dengan membawa Fotocopy Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), surat nikah orang tua, serta surat tanda kematian pewaris.

Kemudian, bawa surat pengantar tersebut ke kantor kelurahan. Datangi bagian pelayanan umum untuk menjelaskan tujuan. Selanjutnya pihak kelurahan akan memberikan formulir. Kemudian serahkan formulir yang sudah terisi lengkap beserta SKW yang didapat dari RT atau RW. Jika persyaratan yang diminta sudah lengkap, pihak kelurahan akan segera memproses pembuatan Surat Hak Waris. Selanjutnya bawa surat tersebut ke kantor Pemerintah Kota setempat untuk memproses Fatwa Waris.

2. Mengurus Proses Balik Nama di Kantor Badan Pertanahan Nasional 

Setelah mendapatkan SKW, segera urus balik nama dengan mendatangi kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN).  Syarat balik nama sertifikat rumah warisan di BPN antara lain mengisi formulir permohonan balik nama, foto copy KTP pemohon dan seluruh ahli waris, fotocopy KK pemohon dan seluruh ahli waris, SKW, sertifikat tanah asli, SPPT PBB terakhir, serta bukti BPHTB untuk tanah yang lebih dari Rp60.000.000,00.

Biaya balik nama rumah warisan tergantung dari nilai NPOJ tanah yang diwariskan. Misal, harga tanah mencapai Rp4.000.000,00 maka dikenai biaya sekitar Rp54.000,00. Proses pembuatan balik nama memakan waktu sekitar 5 hari kerja.

Pengajuan balik nama juga dapat dilakukan melalui notaris. Biaya balik nama rumah ke notaris sekitar 0,5% hingga 1% dari total nilai transaksi. Harga yang ditetapkan oleh pihak notaris sudah termasuk biaya pembuatan akta jual beli, balik nama, dan jasa notaris. Waktu pembuatan sertifikat balik nama ke notaris membutuhkan waktu sekitar 30 hari kerja.

Cara Balik Nama Sertifikat Rumah Bekas

biaya balik nama rumah

Sementara, cara balik nama sertifikat rumah bekas dapat dilakukan dengan dua pilihan, yaitu mengurus sendiri di kantor BPN atau meminta bantuan PPAT. 

1. Mengurus dengan Bantuan PPAT 

Apabila meminta bantuan PPAT yang harus dipersiapkan antara lain berkas permohonan balik nama yang ditandatangani pembeli, akta jual beli dari PPAT, sertifikat tanah asli, KTP pembeli dan penjual, SSP PPh, serta SSB BPHTB.

2. Mengurus Sendiri di Kantor BPN

Jika memutuskan untuk mengurus sendiri, dokumen yang harus disiapkan sama seperti berkas saat meminta bantuan PPAT. Akan tetapi, ditambah dengan membawa surat pengantar dari PPAT, SPPT PBB, izin peralihan hak, dan surat pernyataan dari calon penerima hak. Untuk izin peralihan hak hanya dibutuhkan khusus untuk rumah susun atau tanah milik negara.

Setelah semua dokumen terkumpul, langkah selanjutnya membawa berkas tersebut ke kantor PBN. Pihak PBN akan mengeluarkan bukti penerimaan permohonan balik nama. Kemudian pilah PBN akan mencoret nama pemegang  hak lama, lalu mengubahnya dengan pemegang hak baru. Baik di buku tanah maupun sertifikat.

Sertifikat dengan nama baru akan diproses setelah semua berkas yang diajukan dibubuhi paraf Kepala BPN atau pejabat yang ditunjuk. Pemohon dapat menunggu selama 14 hari kerja, terhitung dari hari pertama pengajuan. Untuk biaya balik nama rumah bekas sama dengan biaya mengurus rumah warisan, yaitu tergantung dari nilai NJOP tanah.

Sebelum melakukan  transaksi, lakukan pengecekan keaslian sertifikat lembaga terkait. Biasanya pengecekan keabsahan dikenai biaya sekitar Rp. 25.000,00 hingga Rp. 100.000,00. Apabila rumah yang akan dibeli belum memiliki sertifikat, coba cek bukti kepemilikan dan riwayat di kantor kelurahan setempat. Cari tahu juga mengenai bukti batas lahannya.

Jangan remehkan legalitas tempat tinggal, mengingat bahwa tanah atau rumah merupakan salah satu investasi yang cukup menjanjikan. Oleh sebab itu, walaupun biaya balik nama rumah terbilang mahal, pemilik rumah harus tetap kooperatif dalam melengkapi data balik nama supaya tidak dirugikan kemudian hari.