21 Jan
Tips dan Trik Inspirasi Desain Teras Rumah Kecil Minimalis

Desain teras rumah yang menarik tentu akan membuat hati merasa senang. Sayangnya karena ukuran rumah yang minimalis menjadikan ukuran teras juga sama minimalisnya sehingga sulit untuk di desain sesuai selera. Terlebih jika teras rumah digunakan sebagai parkir mobil atau motor, akan lebih susah lagi mendesainnya. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena meskipun memiliki teras kecil, Anda tetap bisa membuat desain teras rumah yang menarik. Tentunya dengan menerapkan berbagai tips dan trik jitu untuk menyiasati desain yang cocok untuk teras rumah Anda.

Tips dan Trik Inspirasi Desain Teras Rumah Kecil Minimalis

1. Menggunakan Lantai Kayu untuk Teras Minimalis


desain teras rumah minimalis
Tidak masalah memiliki teras rumah yang sempit, asalkan desainnya menarik sehingga tidak terlihat membosankan baik bagi Anda maupun tamu yang datang. Salah satu tips desain teras rumah adalah dengan menggunakan lantai dari kayu.
Sebaiknya pilihlah kayu yang memang berkualitas baik, dalam artian tidak mudah rapuh karena dimakan rayap serta memiliki permukaan yang halus supaya tidak menyakiti kaki. Lantai kayu sebaiknya dicat dengan warna coklat gelap untuk memberikan kesan seolah berada di rumah peristirahatan. Selain itu untuk menambah nuansa alami, Anda bisa menambahkan jalan setapak serta taman dengan kolam ikan kecil supaya terlihat cantik.

2. Menambahkan Rak untuk Menaruh Pot Tanaman

Tips desain teras rumah yang bisa Anda tiru berikutnya adalah dengan menggunakan rak untuk menaruh pot-pot tanaman berukuran kecil. Pilihlah rak berdesain modern dengan warna putih dengan setidaknya 3 tingkat. Serta pilih pot tanaman berdesain tradisional agar memberikan kesan kontras serta menarik perhatian siapapun yang melewati teras rumah.

3. Dinding yang Dibuat dari Batu Alam

desain teras rumah kecil minimalis
Jika memang teras rumah terlalu kecil untuk diberikan berbagai macam dekorasi, maka sebagai gantinya Anda bisa mendesain dinding terasnya. Berikan nuansa alam namun mewah pada bagian dinding teras dengan membuatnya dari batu alam. Kemudian dukung dengan tanaman palem dengan pot dari tanah liat berukuran besar supaya semakin terasa nuansa alamnya.

4. Menggunakan Tegel Bermotif

Ingin membuat desain teras rumah yang mencolok? Anda bisa gunakan tegel yang bermotif. Semisal rumah Anda memiliki cat dinding warna cerah, maka buatlah kontras dengan memilih tegel warna hitam dengan motif putih sebagai lantai teras. Kemudian percantik tampilan teras rumah Anda dengan menambahkan tempat duduk dari kayu, serta berbagai jenis tanaman dalam pot dengan bentuk dan warna yang bervariasi sehingga teras rumah akan terlihat lebih hidup.

5. Membuat Nuansa Serba Putih untuk Teras

Lebih menyukai tampilan yang pure dan membuat adem mata? Nuansa putih bisa menjadi pilihan desain teras rumah minimalis Anda. Pastikan warna cat dinding serta tegel lantai sama-sama berwarna putih. Kemudian tinggal tambahkan saja pot-pot bunga yang juga berwarna putih untuk mendukung konsep serba putih bagi teras rumah Anda. Sehingga akan didapat tampilan teras rumah yang adem dipandang dan tidak terlalu ramai dengan berbagai paduan warna yang kontras.

6. Membuat Nuansa Seperti di Resort

Ingin memiliki desain teras rumah yang mewah dan unik? Nuansa resort dapat dijadikan pilihan Anda. Teras rumah dengan nuansa resort umumnya tanpa atap. Namun Anda bisa memberikan naungan berupa pohon berukuran besar, tanaman merambat di pagar, serta taman dengan tanaman yang cukup rindang. Buatlah lantainya dari kayu dengan warna coklat muda. Kemudian tambahkan bangku sebagai tempat bersantai serta sebuah meja kecil.
Demikianlah inspirasi desain teras rumah yang bisa Anda tiru untuk rumah minimalis. Semoga artikel desain teras rumah ini bisa membantu Anda untuk mendesain teras rumah secantik mungkin. Selamat berkreasi!