13 Jan
Inspirasi Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Bagi Keluarga

Apakah Anda ingin memiliki rumah minimalis? Jika iya, maka desain rumah 2 lantai minimalis bisa menjadi pilihan yang cocok untuk Anda. Rumah dengan 2 lantai dan berbentuk minimalis bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki keterbatasan lahan atau ingin bangunan rumah yang praktis. Lalu, apa saja inspirasi desain rumah minimalis dengan 2 lantai ini?

7 Referensi Desain Rumah 2 Lantai Minimalis

Ketika membahas tentang membangun rumah, tentu yang dipikirkan pertama kali adalah desainnya. Semisal desain rumah 2 lantai minimalis. Bagaimana sekiranya agar dengan lahan yang terbatas itu didapat rumah berlantai 2 yang Anda impikan? Untuk itu disini akan dibahas mengenai 7 inspirasi desain rumah 2 lantai minimalis yang dapat dipilih sebagai referensi rumah impian Anda.

1. Menempatkan Semua Kamar di Lantai 2

Desain rumah 2 lantai minimalis yang umum digunakan adalah dengan menempatkan semua ruang kamar tidur di lantai 2. Ditambah dengan ruang bersantai untuk keluarga dan dua kamar mandi untuk tiap-tiap kamar. Sehingga keluarga Anda bisa memiliki quality time di satu lantai yang sama.

2. Menggabungkan Dapur dengan Ruang Makan

contoh desain rumah 2 lantai
Rumah minimalis akan terasa makin sempit dan pengap jika terlalu banyak sekat, untuk itu solusinya bisa dengan menggabungkan ruang makan dengan dapur.

3. Memilih Tempat Tidur Bunk Bed atau Twin Single Bed untuk anak-anak

Bagi Anda yang hanya bisa membuat 2 kamar saja, kamar untuk anak-anak bisa dengan menggunakan tempat tidur berupa bunk bed atau twin single bed. Kamar dengan ukuran yang tidak terlalu luas bisa menggunakan bunk bed, sedangkan kamar dengan ukuran yang luas bisa menggunakan twin single bed. Ditambah perabotan seperti meja belajar dan lemari pakaian untuk anak-anak.

4. Membuat Pekarangan Belakang Rumah

desain rumah 2 lantai minimalis
Membuat lantai dasar lebih sempit dari lantai atas bisa dilakukan dengan tujuan agar bisa dibuat pekarangan belakang rumah. Ini bisa menjadi pilihan desain rumah 2 lantai minimalis untuk yang tinggal di daerah perkotaan. Biasanya pekarangan belakang tidak terlalu luas namun cukup untuk setidaknya dipakai sebagai tempat jemur-jemur pakaian dan tempat bersantai keluarga.

5. Membuat Dua Kamar dengan Ukuran Besar

Apabila Anda hanya ingin membuat 2 kamar tapi dengan ukuran yang sama luasnya, bisa saja mengikuti referensi desain rumah 2 lantai minimalis ini. Dimana 2 kamar ditempatkan di lantai atas dengan ruang bersantai keluarga sebagai penghubung. Di tiap-tiap kamar bisa diberi kamar mandi sendiri dan dipasang masing-masing 1 TV sehingga tiap kamar akan memiliki privasi masing-masing.

6. Membuat Balkon di Lantai Atas

refrensi desai rumah 2 lantai minimalis
Walaupun minimalis, Anda tetap bisa membuat balkon di lantai atas. Namun sebagai gantinya ruangan di lantai atas tidak terlalu banyak, cukup 2 kamar serta 1 kamar mandi saja. Balkon di lantai atas dapat digunakan sebagai tempat menjemur pakaian atau sekadar tempat bersantai keluarga.

7. Membuat 3 Kamar Ukuran Sempit dan 1 Kamar Ukuran Luas

Bagi keluarga yang membutuhkan ruang kamar tidur banyak, Anda bisa saja membuat 4 kamar dengan 3 kamar untuk anak-anak. Tiga kamar ini ditempatkan di lantai atas, dengan ukurannya masing-masing tidak terlalu luas, hanya muat untuk satu single bed dan perabotan tambahan seperti meja belajar dan lemari pakaian. Sedangkan untuk kamar orang tua ditempatkan di lantai dasar dengan ukuran menyesuaikan lahan yang ada.
Demikianlah inspirasi desain rumah 2 lantai minimalis yang bisa Anda tiru untuk rumah impian Anda. Semoga artikel desain rumah 2 lantai minimalis ini bisa menjadi referensi untuk membangun rumah yang sesuai. Selamat memilih!