16 Jan
Inspirasi Rumah Minimalis Masa Kini yang Modern dan Elegan

Sama seperti fashion, hunian juga memiliki trend tersendiri. Saat ini banyak orang yang mencari inspirasi rumah minimalis untuk diterapkan pada hunian mereka. Model minimalis memang sangat digemari karena bisa menjadi solusi bagi pemilik lahan yang tidak terlalu luas dan juga bisa memberikan kesan sederhana dan elegan pada sebuah hunian. Lalu seperti apa desain rumah yang minimalis? 

4 Inspirasi Rumah Minimalis

Meski disukai oleh banyak orang, faktanya masih banyak yang belum tahu benar apa itu ‘rumah minimalis’. Pada dasarnya, rumah berkonsep minimalis ini mengarah pada gaya atau desain, bukan dari anggaran yang digunakan untuk membangunnya. Berikut contoh rumah minimalis yang bisa Anda jadikan inspirasi.

1. Rumah Tropis Minimalis

inspirasi-rumah-minimalis

Saat musim kemarau tiba, kadar panas di Indonesia meningkat cukup tajam yang membuat banyak orang enggan untuk beraktifitas di luar ruangan. Menghadapi musim kemarau yang cukup parah, Anda tentu butuh tempat istirahat yang bernuansa hijau dan menyegarkan. Untuk menciptakan nuansa tropis pada rumah minimalis ini, Anda bisa membuat sirkulasi udara yang maksimal dengan pencahayaan terbaik dan penataan ruang ala minimalis yang simple serta elegan.

Konsep minimalis di masa modern umumnya menggunakan panel-panel kaca berukuran besar yang dijadikan sebagai eksterior rumah. Jika Anda lebih suka menggunakan warna netral, gunakan warna yang terlihat senada dengan konsep minimalis. Tambahan taman di bagian depan rumah tentu akan terlihat pantas bersanding dengan konsep ini.

2. Konsep Minimalis yang Elegan

Konsep minimalis tidak hanya mengAndalkan gaya modern saja namun juga segi elegan yang semakin terpancar dari rumah minimalis. Gaya ini cocok untuk Anda yang ingin mempunyai hunian mewah tapi tetap terlihat simple dan chic. Dengan begitu, Anda bisa menunjukkan dua sisi sekaligus yakni elegan dan simple. Rancangan konsep ini memadukan dua unsur yakni modern dan klasik. Rumah minimalis dua lantai dengan lantai bawah berkonsep modern dan lantai atas dengan konsep klasik. Anda bisa menggunakan panel persegi dan warna kelabu pada lantai bawah. Di lantai dua, Anda bisa menerapkan warna sederhana seperti putih.

3. Konsep Minimalis Dua Warna

inspirasi-rumah-minimalis

Untuk Anda yang tinggal di daerah kota besar atau kota metropolitan, seringkali kebanyakan rumah yang dibangun oleh developer memiliki pencahayaan yang kurang sempurna. Demi adanya kelancaran sirkulasi dan pencahayaan yang masuk, para pemilik biasanya akan melakukan renovasi pada rumah tersebut dengan membuatnya menjadi dua lantai. Masing-masing lantai akan diberi kaca dengan ukuran besar.

Lantai satu dan lantai dua akan diberi warna berbeda yang terlihat senada. Sebagai contoh, lantai satu dibangun dengan warna putih, sedangkan lantai dua akan menggunakan warna dark grey. Di bagian carport, arsitek akan merancang dengan pola siku. Sedangkan taman akan dibuat di bagian luar pagar demi bisa memberi ruang tumbuh bagi tanaman.

4. Gaya Modern Minimalis

Konsep minimalis memang selalu identik dengan gaya modern yang memikat. Namun akhir-akhir ini, konsep vintage menjadi lebih disukai karena ingin mencoba desain baru pada rumah minimalis. Faktanya, gaya modern minimalis juga tidak kalah kerennya dari konsep vintage yang akhir-akhir ini mulai menguasai trend hunian masa kini. 

Gaya modern terlihat lebih sederhana namun eksterior yang tampak di bagian depan merupakan gabungan dari berbagai elemen hunian. Beberapa ornamen yang biasanya ada pada konsep ini adalah dinding beton berwarna putih, dinding dari batu alam, bidang kayu, elemen alam, pilar besi, hingga kayu.

Demikianlah inspirasi rumah minimalis yang bisa Anda tiru jika ingin membangun sebuah rumah dengan konsep sederhana yang simple dan elegan. Rumah minimalis banyak dipilih karena tidak membutuhkan banyak lahan untuk membangunnya. Jadi, desain rumah yang manakah yang menjadi favorit Anda?