16 Jun
Kelebihan Rumah dari Baja Ringan dan Cara Membuat Rangkanya 

Saat ini banyak rumah yang dibangun menggunakan baja ringan. Hal ini dikarenakan baja ringan memiliki banyak kelebihan. Apakah rumah dari baja ringan aman untuk dihuni? Sangat aman. Konon keberadaannya mengalahkan keunggulan atap dari kayu dan baja konvensional. Apa saja kelebihan  menggunakan baja ringan? Simak penjelasan dibawah ini. 

Kelebihan Rumah dari Baja Ringan 
 


1. Pemasangan Lebih Cepat


Menggunakan baja ringan untuk dijadikan sebagai rangka maupun atap rumah akan menghemat waktu. Alasannya karena ukuran yang seragam sesuai dengan fungsinya akan lebih memudahkan para tukang ketika memasang. Para tukang hanya perlu mengebor dan memasang baut dari setiap rangka baja ringan tanpa perlu menghaluskan ataupun membuatnya menjadi berukuran seragam.


2. Menghemat Biaya


Meskipun baja ringan memiliki harga lebih mahal dibandingkan dengan kayu, namun baja ringan akan menghemat biaya pembuatan rumah secara keseluruhan. Dengan menggunakan baja ringan menghemat waktu pembangunan rumah, sehingga dapat menekan biaya tukang secara efisien. Menggunakan baja ringan juga meminimalisir sisa material yang tidak terpakai. 


3. Lebih Ringan tetapi Lebih Kuat


Baja ringan dengan ukuran ketebalan 1 mm memiliki kekuatan dan ketahanan setara dengan baja konvensional yang memiliki ketebalan 3 mm bahkan lebih. Meski ringan, tetapi atap baja jenis terbaru sangat kuat sehingga penghuni rumah bisa aman dan nyaman saat menempatinya.


4. Lebih Tahan Lama


Lapisan baja ringan dilapisi dengan zinc alloy yang akan membuatnya bisa bertahan lama puluhan bahkan ratusan tahun. Lapisan ini berfungsi untuk melindunginya dari karat atau korosi yang menyebabkan material menjadi rapuh. Baja ringan juga anti rayap.


5. Tahan Api dan Gempa


Material yang terbuat dari baja membuatnya tahan terhadap api ketika terjadi kebakaran. Baja ringan juga tahan terhadap gempa karena memiliki material yang kokoh.
Penggunaan rangka baja ringan juga bisa diterapkan dalam rumah 2 lantai. Rumah baja ringan 2 lantai akan lebih menghemat biaya sehingga sisanya bisa digunakan untuk yang lainnya. menggunakan baja ringan sebagai rumah memang sedang menjadi trend dan digemari oleh banyak orang. 


Cara Membuat Rangka Rumah dari Baja Ringan 


  • Secara garis besar beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memasang baja ringan sebagai konstruksi rumah dua lantai, yaitu:

- Sebelum memasang rangka, sebaiknya membuat desain struktur 3D bangunan telah dibuat terlebih dahulu. Desain ini dapat mendukung penggunaan bahan-bahan bangunan yang dibuat dari konstruksi baja ringan. Penggunaan sistem modular akan mempermudah dan mempercepat pengerjaan.

- Di samping desain, mempersiapkan bahan-bahan konstruksi baja ringan sangat perlu diperhatikan. Bahan-bahan tersebut seperti bor, waterpass, mesin pemotong, selang air, meteran, plat, profil, angkur, baut dan bahan-bahan lain yang digunakan. Bahan harus sesuai dengan dimensi dan jumlah yang telah diperhitungkan sebelumnya. 

- Langka selanjutnya para pekerja harus menyelesaikan pekerjaan sub struktur atau pengerjaan pondasi rumah. Sehingga dasar bangunan telah siap digunakan ketika proses pengukuran dan pemotongan sudah selesai. 

- Pengukuran dan pemotongan bisa dilakukan sendiri di lokasi pembangunan rumah, Teknik ini disebut dengan semi-fabrikasi. Pengukuran dan pemotongan juga bisa dilakukan di pabrik maupun penyedia baja ringan. Teknik ini disebut dengan prefabrikasi.

- Ketika fondasi sudah siap digunakan maka langkah selanjutnya adalah merangkai modul-modul konstruksi yang telah disiapkan. Rangkaian dirakit atau dipasang sesuai dengan rancang bangun dari rumah dua lantai tersebut. Mulai dari dasar rangka sampai dengan atap rangka. 

- Pemasangan dilakukan dengan cara menyatukan setiap baja ringan dengan baut yang dikencangkan dengan mur agar tidak terlepas.

- Lanjutkan dengan memasang bidang-bidang penutup bangunan seperti pemasangan lantai, dinding, atap dan plafon baik pada rumah lantai 1 maupun lantai . Serta jaringan utilitas dan mekanikal elektrikal. Gunakan material pelapis disesuaikan dengan kebutuhan.

- Langkah terakhir adalah pekerjaan finishing.
Itulah kelebihan rumah dari baja ringan dan cara memasangnya. Ada banyak kelebihan yang diperoleh jika menggunakan baja ringan sebagai rangka rumah. Cara memasangnya juga lebih mudah sehingga saat ini banyak yang memilih menggunakan baja ringan.