16 Jun
Langkah Mudah Memasang Wallpaper Dinding di Rumah

Saat ini, dekorasi dinding rumah dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan kertas wallpaper. Selain motifnya yang beragam dan tidak monoton, kertas wallpaper juga cenderung lebih mudah untuk diaplikasikan ke dinding rumah tanpa bantuan tukang. Sebelumnya, Anda perlu mengetahui dahulu bagaimana tips memasang wallpaper dinding dengan mudah.

Umumnya, untuk membuat rumah tampak lebih indah, dekorasi dinding rumah dilakukan dengan menggunakan cat rumah dengan warna-warna tertentu. Akan tetapi, hasilnya akan cenderung monoton, kecuali jika kita meminta bantuan tukang untuk menghias dinding dengan berbagai pola. Untuk itulah wallpaper menjadi pilihan yang sangat efektif untuk dekorasi.

Tips Memasang Wallpaper Dinding

Dengan melakukan pemasangan wallpaper sendiri, Anda bisa menekan pengeluaran karena tidak memerlukan bantuan tukang. Berikut adalah tips memasang wallpaper dinding rumah dengan menggunakan kertas wallpaper.

1. Menyiapkan Peralatan dan Membersihkan Dinding

tips memasang wallpaper dinding agar awet
Langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum memasang wallpaper pada dinding adalah menyiapkan peralatan yang akan digunakan terlebih dahulu. Hal ini dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efektif. Jangan sampai pekerjaan terganggu karena peralatan belum tersedia.
Peralatan yang perlu disiapkan sebelum memasang wallpaper dinding antara lain, wallpaper, lem wallpaper, kuas aplikasi wallpaper, pisau cutter, gunting, meteran, pensil, kain perca, alas plastik besar, tangga A, benang dengan pemberat, spons, amplas, dan kape/kapi.

Setelah peralatan siap, cara memasang wallpaper dinding agar awet selanjutnya adalah membersihkan dinding. Hal tersebut diperlukan agar kertas wallpaper dapat menempel sempurna di dinding.

Dinding yang basah dan kotor akan membuat kertas wallpaper dinding sulit untuk tertempel. Apabila ada dinding yang mengelupas dan lubang bekas paku, segera tutupi dengan dempul tembok.

2. Mengukur dan Memotong Kertas Wallpaper Dinding

Cara memasang wallpaper dinding tanpa lem adalah dengan mengukur kertas wallpaper yang akan dipasang pada dinding. Sesuaikan ukuran wallpaper dinding dengan ukuran dinding serta berapa lembar wallpaper yang akan dipasang pada dinding.

Agar kertas wallpaper terpasang sempurna dan simetris, ada baiknya gambar terlebih dahulu pola pada dinding dengan menggunakan pensil tipis untuk mempermudah pemasangan. Gunakan benang pemberat untuk memastikan pola yang kamu buat sudah lurus.

Setelah selesai, potong wallpaper dinding sesuai kebutuhan. Perhatikan pola pada wallpaper sebelum memotong, pastikan pola pada kertas wallpaper yang akan dipotong dapat menyatu dengan baik.

3. Menyiapkan Lem dan Mengaplikasikannya

cara memasang wallpaper tanpa lem
Langkah selanjutnya adalah siapkan lem untuk memasang wallpaper dinding. Terdapat dua jenis lem yang harus disiapkan untuk memasang wallpaper, yaitu lem untuk meratakan permukaan wallpaper dan juga lem yang digunakan untuk sambungan. Lem untuk bagian sambungan biasanya lebih kental.

Jika lem sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah mengaplikasikannya. Aplikasikan lem wallpaper menggunakan kuas sekali saja, jangan terlalu banyak. Jika terlalu banyak, maka kertas wallpaper akan mudah basah dan hasilnya tidak akan rapi.

Selain itu, sebaiknya kuas yang digunakan bukanlah kuas cat. Selain ruasnya yang lebih lebar, kuas cat juga mudah sekali rontok. Jangan lupa untuk menyapukan lem sambungan pada bagian sudut dinding agar semakin rekat.

4. Menempelkan Kertas Wallpaper ke Dinding

Setelah lem selesai diaplikasikan, maka langkah selanjutnya adalah menempelkan wallpaper ke dinding. Tempelkan kertas wallpaper ke dinding dengan hati-hati mengikuti pola yang telah dibuat dengan menggunakan penggaris mika. Untuk dinding bagian atas, gunakan tangga A agar proses menempel menjadi lebih mudah.

5. Merapikan Kertas Wallpaper

Setelah terpasang ke dinding, perhatikan kerapian wallpaper pada dinding. Agar lebih rekat dan tidak ada bagian yang bergelembung, usap wallpaper yang sudah terpasang dengan menggunakan kain perca secara memutar.
Setelah lima langkah tersebut selesai, perhatikan kembali kertas wallpaper yang sudah terpasang di dinding. Apabila kamu masih menemukan bekas lem, maka segera bersihkan agar tidak ada noda pada wallpaper dinding yang sudah terpasang.
Itulah tips memasang wallpaper dinding yang bisa dilakukan dengan mudah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para pembaca ya!