16 Jun
Tips Memilih Keramik yang Sesuai Dengan Gaya Rumah

Salah satu bahan lantai yang sering digunakan adalah keramik. Selain murah dan terjangkau, keramik memiliki beragam motif dan pilihan yang dapat dipilih menyesuaikan dengan gaya yang akan dibangun pada rumah. Oleh karena itu, sebelum menentukan jenis keramik pada lantai rumah, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu tips memilih keramik lantai berikut.

Tips Memilih Keramik dan Cara Memilih Keramik yang Bagus

Memiliki hunian dengan desain dan gaya yang diinginkan tentunya merupakan sebuah idaman semua orang. Untuk mewujudkan impian tersebut, salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika membangun sebuah rumah adalah lantai. Berikut ini merupakan tips dan cara memilih keramik lantai yang bisa dilakukan.

1. Periksa Standar Produksi dan Kelas Keramik  

Langkah paling awal untuk menentukan jenis keramik yang sesuai dengan lantai rumah adalah dengan memeriksa standar produksi keramik. Pilihlah keramik dengan SNI (Standar Produksi Nasional). Keramik standar nasional biasanya sudah memenuhi karakter dasar sebuah keramik, yaitu kekerasan, daya serap, serta ketahanan terhadap bahan kimia.

Tentunya, keramik lantai harus kedap air dan tidak licin. Selain standar produksi, cara memilih keramik yang bagus adalah dengan memperhatikan kelas keramik. Terdapat tiga kelas keramik lantai, yaitu KW1, KW2, dan KW3. Keramik dengan kualitas terbaik masuk ke dalam KW1 atau kualitas 1.

2. Tentukan Warna Keramik yang Sesuai dengan Ruangan

cara memilih keramik yang bagus
Tips memilih keramik lantai rumah selanjutnya adalah dengan menentukan pilihan warna keramik lantai rumah. Pemilihan warna keramik pada rumah tentunya harus memperhatikan desain atau gaya hunian yang diinginkan.

Misalnya, warna keramik hitam atau gelap dapat membantu menciptakan suasana elegan pada rumah, sedangkan warna keramik yang cenderung terang, dapat memberikan kesan megah pada sebuah ruangan.

Memilih warna keramik adalah hal yang penting. Selain menambah keindahan, pemilihan warna pada keramik dapat membantu ruangan kamu yang tadinya sempit menjadi tampak lebih luas. Misalnya dengan memilih keramik lantai rumah warna terang.

3. Sesuaikan Ukuran Keramik dengan Ukuran Ruangan

Selain warna, ukuran keramik juga turut membangun suasana ruangan yang akan dibangun. Untuk menentukan ukuran keramik lantai rumah, hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran ruangan. Ukuran keramik harus sesuai dengan ukuran ruangan.

Untuk ruangan dengan ukuran besar, biasanya ukuran keramik yang dipilih adalah medium atau besar, yaitu ukuran 80x80cm atau bisa juga 60x120cm dan untuk ruangan ukuran sedang, biasanya digunakan ukuran keramik 60x60cm. Dengan memilih ukuran keramik yang sesuai dengan ukuran ruangan, ruang dalam rumah akan tampak lebih luas dan indah.

4. Tentukan Pola dan Tekstur Keramik Lantai  

tips memilih keramik yang bagus
Tips memilih keramik selanjutnya adalah menentukan pola dan tekstur keramik lantai. Terdapat tiga jenis keramik lantai yaitu, polished, unpolished, dan juga rustic. Keramik polished adalah jenis keramik dengan tampak mengkilap. Sebaliknya, keramik unpolished adalah jenis keramik yang tidak mengkilap.

Sementara itu, keramik rustic adalah jenis keramik dengan permukaan kasar. Pemilihan tekstur dan pola pada keramik ini tentunya berbeda-beda. Akan tetapi, hal yang perlu diketahui sebelum memilih adalah keramik polished cenderung lebih mudah dibersihkan, sedangkan keramik jenis unpolished dan rustic perlu dipoles agar tidak mudah kotor atau bernoda.

5. Periksa Tingkat Kelicinan  

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam memilih keramik lantai rumah adalah tingkat kelicinan. Hal ini penting untuk diperhatikan karena berhubungan erat dengan keamanan dan keselamatan pengguna saat berjalan.

Terutama keramik pada lantai kamar mandi. Sebaiknya, keramik yang dipilih pada lantai kamar mandi adalah keramik dengan yang tidak menyerap air dan tentunya tidak licin.

Selain kelima poin tips memilih keramik tersebut, hal yang perlu diperhatikan ketika memilih nya adalah keterjangkauan harga. Hal ini tentunya penting, agar kita tidak perlu menghabiskan uang terlalu banyak. Oleh karena itu, sebelum membeli keramik sebaiknya pilih toko penjual keramik dengan kualitas yang baik namun dengan harga yang murah.