15 Oct
Tips Menghemat Listrik di Rumah yang Efektif 

Listrik saat ini menjadi kebutuhan dasar manusia. Keberadaan listrik terbukti sangat membantu pekerjaan manusia. Akan tetapi, penggunaan listrik yang begitu besar dapat memberikan beberapa dampak negatif. Untuk itulah diperlukan tips menghemat listrik di rumah. 

Pertama, krisis energi. Indonesia terkenal dengan kekayaan Sumber Daya Alamnya. Akan tetapi, apabila sumber daya alam ini terus dikeruk untuk kebutuhan manusia secara besar-besaran, tentunya tidak akan cukup dan lambat laun akan habis. 

Kedua, biaya tagihan yang membengkak. Selain menyebabkan krisis energi, penggunaan listrik yang cenderung boros juga dapat menyebabkan pengeluaran untuk kebutuhan tagihan listrik semakin membengkak. 

Tips Menghemat Listrik dan Cara Menghemat Listrik di Rumah 

Dengan mempraktekkan kebiasaan hemat listrik, maka kita bisa turut menghemat pengeluaran bulanan serta berkontribusi dalam gerakan hemat energi. Berikut adalah tips dan cara menghemat listrik rumah yang dapat dilakukan:

1. Menggunakan Listrik Sistem Prabayar/Pulsa 

tips menghemat listrik

Terdapat dua jenis sistem pembayaran listrik yang ditawarkan oleh pemerintah melalui PLN (Perusahaan Listrik Negara), yaitu sistem pembayaran pascabayar dan prabayar/pulsa. Pada sistem pembayaran pascabayar, pelanggan dapat menggunakan listrik tanpa batas dengan pembayaran dilakukan di akhir bulan. 

Akan tetapi, pemakaian listrik pada sistem ini sulit untuk dikendalikan. Berbeda dengan sistem pascabayar, sistem prabayar/pulsa pembelian dan pengisian listrik dilakukan secara mandiri oleh pelanggan dengan membeli pulsa sejumlah yang diperlukan. 

Dengan demikian, sangat memungkinkan bagi pelanggan untuk mengatur pemakaian listrik yang digunakan sehari-hari. Oleh karena itu, penggunaan listrik dengan menggunakan sistem prabayar/pulsa dianggap lebih baik jika ingin menghemat pengeluaran listrik.

2. Mencabut Kabel Jika Tidak Digunakan 

Ketika selesai mengisi baterai pada handphone, seringkali pemakai lupa untuk mencabut kabel dari saklar. Padahal, meskipun handphone sudah dilepaskan, listrik masih dapat mengalir pada kabel tersebut. Hal tersebut membuat listrik mengalir dengan percuma. 

Meskipun daya yang digunakan tidak besar, hal tersebut merupakan salah satu jenis pemborosan listrik yang dapat membuat pengeluaran listrik menjadi bengkak.

3. Mengatur Penggunaan Lampu 

Tips menghemat listrik di rumah selanjutnya adalah mengatur penggunaan lampu. Untuk menghemat penggunaan lampu, hal yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan lampu hemat energi dan mematikan lampu ketika siang hari. 

Untuk mendapatkan penerangan pada siang hari, cahaya lampu dapat digantikan dengan sinar matahari. Dengan melakukan kedua hal tersebut, pengeluaran listrik dari lampu dapat dihemat.

4. Menggunakan Alat Elektronik Berdaya Tinggi dengan Bijak  

Langkah keempat ini adalah salah satu cara menghemat listrik token 900 watt. Jumlah token yang tidak terlalu besar biasanya menjadi kendala apabila barang elektronik yang digunakan cukup banyak dan berdaya besar. Barang-barang elektronik yang memiliki daya besar misalnya, AC, lemari es, rice cooker, dan lain sebagainya. 

Untuk menyiasatinya, pemakaian alat tersebut dapat dilakukan secara bergantian jika memungkinkan. Jika tidak memungkinkan, maka jalan satu-satunya adalah menggunakan alat elektronik tersebut sebijak mungkin sesuai kebutuhan. Misalnya, pada lemari es. Suhu pada lemari es biasanya akan secara otomatis menyesuaikan suhu sekitarnya dan isi di dalamnya. 

Oleh karena itu, ada baiknya jangan menyimpan terlalu banyak makanan di dalam lemari es dan jangan membuka lemari es dalam jangka waktu yang lama. Contoh lainnya pada AC. Gunakan AC secara bijak dengan mematikan AC jika tidak terdapat orang di dalamnya dan pilihlah AC berdaya rendah dengan kemampuan mengatur suhu secara otomatis. 

5. Mematikan Alat Elektronik Saat Akan Tidur  

Cara menghemat listrik pulsa yang terakhir adalah dengan mematikan alat elektronik ketika hendak tidur, misalnya televisi, handphone, lampu, dan lain sebagainya. Selain menghindari pembengkakan tagihan listrik, mematikan alat elektronik saat akan tidur juga akan membuat tubuh terasa lebih rileks.

Langkah-langkah tersebut merupakan berbagai tips menghemat listrik yang bisa menekan pengeluaran biaya untuk listrik. Selain menekan pengeluaran, menghemat listrik tentunya sejalan dengan gerakan menghemat energi yang saat ini kian marak disuarakan.

6. Memilih Hunian dengan Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan Samira Regency di Bekasi juga mengusung tema Architecture with Intelligence dimana setiap unit yang dibangun memperhatikan kualitas dan aspek green seperti tercermin pada  ceiling  setinggi 4,6 m agar pencahayaan dan sirkulasi udara dapat berjalan baik, setiap unit juga dibangun dengan bahan material terbaik dan dilengkapi dengan fasilitas smart home yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun.