16 Jun
Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Mudik menjadi salah satu rutinitas masyarakat Indonesia ketika mendapatkan libur panjang, khususnya libur lebaran. Ketika mudik, maka rumah otomatis berada dalam keadaan kosong. Inilah yang menjadi kesempatan bagi banyak tindakan kejahatan. Agar terhindar dari tindak kejahatan tersebut, simak tips meninggalkan rumah saat mudik berikut ini.

Mudik sendiri secara etimologi berasal dari kata udik yang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti desa, dusun, atau kampung. Jadi, mudik dapat diartikan sebagai aktivitas atau kegiatan perantau kembali ke desa, dusun, atau kampung halaman.

Pada momen ini, biasanya perantau atau pemudik meninggalkan rumah di kota dan kemudian kembali ke kampung halaman untuk bertemu dan saling melepas rindu dengan keluarga dan sanak saudara. Tidak hanya puluhan orang, jumlah pemudik bisa mencapai jutaan.

Di tengah keamanan dan kenyamanan yang diupayakan pemerintah tersebut, tingkat kriminalitas di tengah maraknya mudik juga bertambah. Momen ini, biasanya digunakan oleh sebagian orang yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan ketika situasi di kota sepi dan lengang.

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

himbauan meninggalkan rumah saat mudik
Salah satu kasus kriminalitas yang banyak terjadi di saat musim mudik adalah pencurian. Selain pencurian, hal yang biasanya terjadi adalah kebakaran yang disebabkan oleh kecerobohan pemudik saat meninggalkan rumah.
Oleh karena maraknya kejadian tersebut, banyak himbauan meninggalkan rumah saat mudik yang dikeluarkan oleh pemerintah maupun berbagai pihak agar pemudik dapat merasa aman ketika meninggalkan rumah di tanah perantauan. Berikut adalah tips meninggalkan rumah saat mudik.

 1. Memastikan Pintu dan Jendela Sudah Terkunci

Tips meninggalkan rumah yang pertama adalah memastikan semua akses masuk dan keluar seperti, pintu dan jendela rumah sudah terkunci dengan baik. Tidak hanya luar rumah, pastikan pintu dan jendela yang ada di dalam rumah seperti, kamar, dapur, dan ruangan lainnya juga telah terkunci.

Untuk meningkatkan keamanan rumah, sebaiknya jangan gunakan gembok yang mencolok. Gembok yang mencolok dapat membuat penjahat dengan mudah mengetahui bahwa rumah sedang dalam kondisi kosong karena ditinggal oleh penghuninya.

2. Mencabut Aliran Listrik dan Gas

Cukup banyak peristiwa kebakaran yang terjadi ketika rumah ditinggal penghuninya untuk mudik. Salah satu penyebab dari kebakaran tersebut antara lain, kebocoran gas dan korsleting listrik. Oleh karena itu, untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan, pastikan seluruh aliran listrik dalam rumah seperti kulkas, televisi, AC, kipas, dispenser dan lain-lain sudah dicabut.

Bersihkan dan kosongkan kulkas untuk mencegah jamur dan juga bau busuk ketika pulang. Selain aman, kedua tersebut dapat menghemat pengeluaran listrik di rumah. Selanjutnya, lepas selang regulator pada gas untuk menghindari kebocoran pada gas.

3. Mematikan PAM dan Semua Saluran Air

tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran
Tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran selanjutnya adalah dengan mematikan PAM dan semua saluran air. Selain untuk menghindari kebocoran, tips ini dapat membantu mengurangi tagihan air pada rumah kamu.

4. Menunjukkan Bahwa Rumah Tidak Tampak Kosong

Kunci utama untuk menjaga keamanan rumah dari pencuri ketika ditinggal mudik adalah dengan tidak membiarkan rumah tampak kosong. Salah satu ciri rumah kosong adalah lampu teras rumah yang mati saat malam hari atau menyala pada siang hari.

Oleh karena itu, gunakan lampu sensor atau mintalah bantuan kepada orang terdekat untuk menjaga rumah serta menyalakan dan mematikan lampu rumah agar tidak tampak kosong.   

5. Simpan Barang di Tempat Aman

Terakhir, simpan barang berharga di tempat aman. Sebelum mudik, pastikan barang-barang berharga di tempat yang tidak semestinya agar tidak mudah ditemukan oleh pencuri. Jika ingin lebih aman, titipkan barang berharga seperti uang, sertifikat penting, perhiasan, dan lain sebagainya di Bank atau Pegadaian.

Kelima cara aman meninggalkan rumah saat mudik tersebut perlu diperhatikan sebelum pergi bermudik. Dengan begitu, mudik akan menjadi lebih tenang, aman, dan nyaman. Semoga tips meninggalkan rumah saat mudik tersebut bisa bermanfaat ya!