16 Jun
Ukuran Rumah Ideal untuk Keluarga yang Nyaman Ditempati

Rumah menjadi salah satu tempat untuk beristirahat dan berkumpul bersama keluarga. Maka dari itu, sebisa mungkin harus bisa menciptakan rumah yang aman, nyaman dan menyenangkan saat dihuni. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya adalah dengan memperhitungkan ukuran rumah ideal yang tepat. 

Menentukan ukuran rumah bisa dibilang susah-susah gampang. Hal ini dikarenakan ukuran sebuah rumah harus disesuaikan dengan jumlah orang yang akan tinggal di dalamnya. Selain itu, rumah ideal harus bisa memenuhi semua kebutuhan para penghuninya. 

Ukuran Rumah ideal untuk Keluarga 

pilih ukuran rumah ideal

Rumah ideal untuk keluarga tidak hanya soal ukuran saja, tetapi harus memenuhi kenyamanan dan aksesibilitas. Perlu diketahui, jika saat ini belum ada standar spesifik yang menentukan ukuran rumah ideal untuk keluarga, baik bangunannya maupun ruangannya. 

Tentu sangat berlebihan jika hanya ditempati satu orang tetapi memilih tipe rumah 56. Tipe rumah 54 memiliki ukuran 9x6 meter persegi dan memiliki 3 kamar utama. Jumlah penghuni yang sedikit akan berbeda pemanfaatan atau kebutuhan dari ukuran luas rumah. Tentu ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan penghuni yang lebih dari 5 orang.

Berdasarkan berbagai pertimbangan yang ada, seperti ruang gerak, furnitur dan sebagainya, maka luas ukuran masing-masing ruangan yang ideal bagi keluarga adalah sebagai berikut:

Kamar Tidur Utama ukurannya 3x4 meter

Kamar Tidur Anak ukurannya 3 x 3 meter

Kamar Tidur Tamu ukurannya 3x3 meter

Kamar Tidur Pembantu ukurannya 2 x 3 meter

Ruang Tamu ukurannya 3 x 3 meter

Ruang Keluarga ukurannya 3 x 5 meter

Ruang Makan ukurannya 3 x 3 meter

Dapur ukurannya 3 x 3 meter

Kamar Mandi ukurannya 2.5 x 1.5 meter

Garasi Mobil ukurannya 3 x 5 meter

Gudang ukurannya 2 x 3 meter

Sedangkan ukuran tinggi dinding rumah ideal adalah 4 meter. Jika Anda ingin mendapatkan ukuran  rumah ideal dengan berbagai tipe maka bisa membeli unit rumah di Samira Residence dan Samira Regency. Kedua perumahan ini dibangun oleh developer terpercaya seperti PT Triyasa Propertindo. 

Ukuran Standard Rumah Ideal

ukuran rumah ideal terbaik

Ukuran rumah yang ideal bisa ditentukan dari jumlah anggota keluarga. Pastikan ukuran rumah yang ditempati bisa mengakomodir kebutuhan ruang dan udara segar bagi setiap penghuninya. Berikut adalah ukuran standar rumah ideal berdasarkan jumlah anggota keluarga yang menempati.

1. Tipe Rumah 21/24  

Ukuran atau luas rumah tipe ini adalah 21-24 meter persegi, biasanya dibangun di atas tanah berukuran 4x6 atau 3x7 meter. Tipe rumah yang satu ini memiliki satu kamar tidur dengan dapur yang letaknya terpisah. Desain interior rumah ini menggunakan wallpaper dinding murah dengan tema minimalis.

2. Tipe Rumah 36 

Tipe rumah yang satu ini dibangun di atas tanah 6x6 dan paling diminati oleh masyarakat. Tipe rumah 36 diperuntukkan untuk keluarga kecil atau pasangan yang baru saja menikah. Biasanya tipe rumah ini terdiri dari 2 kamar tidur, kamar mandi, dan dapur.

3. Tipe Rumah 45  

Ukuran standar rumah ideal untuk keluarga adalah tipe rumah 45. Hal ini dikarenakan tipe rumah ini memiliki ruangan yang lebih luas, cocok digunakan untuk berkumpul bersama keluarga. Namun, tipe rumah 45 hanya memiliki 2 kamar saja. Peminat rumah tipe ini adalah kalangan menengah ke atas.

4.Tipe Rumah 54  

Apabila jumlah anggota keluarga lebih dari 4 maka disarankan untuk menempati rumah tipe 54. Tipe rumah 54 memiliki ukuran 9x6 meter persegi dan memiliki 3 kamar tidur. Selain itu, tipe rumah ini memiliki ruangan yang cukup luas.

5. Tipe Rumah 60 

Bagi yang memiliki asisten rumah tangga (ART) disarankan untuk membeli tipe rumah ini. alasannya karena tipe rumah 60 memiliki 3 kamar tidur utama. Namun, bisa dilengkapi dengan satu kamar tidur untuk asisten rumah tangga. Bangunan rumah tipe ini berukuran 6x10 meter persegi.  

Nah itulah ukuran rumah ideal untuk keluarga yang nyaman ditempati. Diharapkan penjelasan diatas bisa memberikan gambaran mengenai rumah ideal untuk dihuni. Semoga bisa bermanfaat.